cara menghilangkan komedo dengan alami

Inilah 6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

cara menghilangkan komedo dengan alami

Ketika wajah kita penuh dengan komedo pastinya membuat kepercayaan diri menurun. Walaupun sudah dibersihkan, terkadang komedo sering muncul dan tentunya akan sangat menyebalkan. Untuk kamu yang belum paham, komedo merupakan gumpalan massa sebum yang muncul sebagai bintik hitam atau putih.

Selain pada wajah, komedo juga dapat muncul pada bagian tubuh lainnya seperti leher, punggung, dada, lengan, dan juga bahu. Meskipun komedo lebih sering muncul pada wajah, khususnya hidung. Biasanya cara menghilangkan komedo lebih banyak menggunakan produk kecantikan. Padahal, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk mengetahui apa saja cara mengjilangkan komedo secara alami, simak ulasannya di bawah ini.

1. Minyak Kelapa

Pada urutan pertama ada minyak kelapa yang bisa menghilangkan komedo secara alami. Melansir dari Medical News Today, minyak kelapa bisa digunakan sebagai pembersih wajah harian. Khusunya adalah untuk menghilangkan polutan dan bahan seperti makeup yang dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo.

Bahan alami ini juga juga dapat membantu menghilangkan komedo.Cara pertama adalah minyak kelapa perlu dioleskan pada area kulit yang berkomedo. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga minyak kelapa menyerap ke dalam kulit. Kamu bisa mengulangi treatment tersebut dua kali dalam sehari hingga komedo berkurang atau hilang.

Untuk keperluan ini, minyak zaitun juga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan alami penghilang komedo.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit. Hal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo. Tea tree oil juga memiliki sifat anti-komedogenik (antibakteri dan antiinflamasi). Sehingga, dapat membantu menghilangkan komedo.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu tinggal mengoleskan tea tree oil pada bagian wajah yang berkomedo. Agar lebih optimal, tea tree oil dapat dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba saat digunakan sebagai bahan oles.

3. Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Menurut sebuah artikel dalam Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal memiliki sifat antiinflamasi, pengelupasan kulit, dan menyejukkan kulit. Bagian Ini bermanfaat juga untuk menghilangkan komedo.

Untuk digunakan pada kulit yang berkomedo, campurlah 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yogurt alami dan 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah bahan tercampur, oleskan ke kulit yang telah dilembabkan, lalu biarkan selama 15 menit.

4. Putih Telur

Kandungan putih telur juga merupakan cara menghilangkan komedo secara alami. Putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit dan dapat membantu menghilangkan komedo. Untuk memanfaatkannya, campurkan putih telur dari 3 butir telur dengan 2 sendok makan air lemon.

Setelah itu, oleskan masker untuk membersihkan kulit dari komedo dengan jari-jari kamu atau kuas yang bersih dan lembut. Biarkan masker mengering dan oleskan lagi masker sebagai tahap kedua. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat.

5. Gula

Berikutnya ada gula yang juga termasuk salah satu cara menghilangkan komedo secara alami. Pada dasarnya, gula adalah exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Ini juga bermanfaat untuk mengilangkan komedo.

Untuk memanfaatkannya, campurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak ramah kulit, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba. Setelah kering, bilas masker dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, oleskan masker atau scrub ini seminggu sekali guna membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan komedo.

Jika memiliki jenis kulit yang lebih berminyak, kamu mungkin dapat menggunakan masker dua kali seminggu tanpa mengeringkan kulit.

6. Lemon

Bahan terakhir yang perlu kamu coba untuk menghilangkan komedo adalah lemon. Melansir Boldsky, lemon dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komdedo. Air lemon juga mencegah tanda atau bekas jerawat pada kulit.

Cara penggunaan lemon untuk menghilangkan komedo secara alami cukup mudah. Kamu tinggal mengoleskan air perasan lemon pada kulit berkomedo, lalu biarkan kering. Setelah itu, cuci muka dengan air hangat. Selanjutnya, Ulangi proses ini 2-3 kali dalam seminggu hingga komedo hilang.

Demikian 6 cara menghilangkan komedo secara alami. Perlu diketahui bahwa cara tersebut bisa jadi kurang cocok mengingat kulit setiap manusia berbeda-beda. Maka dari itu, ada baiknya kamu konsultasikan dulu pada dokter agar bahan yang digunakan benar-benar cocok digunakan. Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat untuk pembaca semua.

Baca Juga: