Berbagai Tips Untuk Mengatasi Kulit Kusam

Kulit kusam memang menjadi masalah untuk sebagian perempuan. Sebab, kulit yang kusam akan memberikan efek buruk, khususnya dari sisi penampilan. Apalagi jika kamu harus selalu tampil menarik di depan umum, maka keberadaan kulit kusam bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri.

Beberapa penyebab kulit kusam cukup beragam. Mulai dari terkena paparan sinar matahari langsung, pola makan yang tidak sehat, kurang minum air putih, dan juga kurang tidur adalah faktor yang paling sering terjadi.

Untuk mengetahui tips mengatasi kulit kusam, simak ulasannya di bawah ini.

1. Lakukan Double Cleansing

Cara mengatasi kulit kusam yang pertama adalah dengan melakukan double cleansing. Yakni, hapus make-up dan kotoran yang menempel di wajah secara lembut. Gunakan minyak pembersih terlebih dahulu untuk menghilangkan riasan dan tabir surya tanpa mengupas dan merusak lapisan atas kulitmu.

Kemudian, lakukan pencucian kedua dengan pembersih lembut untuk menghilangkan minyak. Hindari scrub yang kasar dan sabun pengering. Sebab, itu dapat menyebabkan iritasi kulit, sobekan kecil, kemerahan, sesak, dan kulit bersisik.

2. Hindari Basuh Muka Dengan Air Panas

Berikutnya, cara mengatasi kulit kusam adalah hindari basuh muka dengan air panas. Sebab, air panas akan menghilangkan minyak alami yang menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit. Hal ini juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh superfisial. Efeknya adalah membuat kulit tampak merah, tetapi hanya untuk sementara.

Sebagai gantinya, gunakan air hangat saat membersihkan wajahmu. Lalu, pilih juga pembersih yang bisa digunakan sebagai pelembab.Contohnya seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk membantu mempertahankan kelembapan.

3. Jadikan Eksfoliasi sebagai Bagian dari Rutinitas

Rutin melakukan eksfoliasi secara teratur juga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi kulit kusam.  Sebab, penumpukan sel kulit mati di lapisan luar kulit juga dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan bersisik. Bahkan itu juga dapat menyumbat pori-pori wajah.

Eksfoliasi secara teratur juga dapat mencegah hal ini terjadi. Bahkan, eksfoliasi juga membantu menghaluskan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus dan mempermulus tekstur kulitmu. Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu dan tingkatkan frekuensinya yang dapat ditoleransi oleh kulitmu.

4. Tambahkan Serum Pada Rutinitas Skincare

Penggunaan serum sebagai rutinitas skincare juga adalah salah satu cara mengatasi kulut kusam. Pada Serum wajah mengandung bahan-bahan konsentrasi tinggi yang membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Karena serum cepat terserap ke dalam kulit, kamu bisa menggunakannya sekali atau dua kali sehari setelah wajah dibersihkan. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan serum ini bisa berbeda-beda setiap orangnya. Maka dari itu, kamu perlu konsultasikan terlebih dulu jika ingin menggunakan serum tersebut.

5. Menggunakan Masker Wajah

Rutin menggunakan masker wajah minimal satu minggu sekali juga menjadi cara mengatasi kulit kusam dan membuatnya dapat bersinar.  Secara umum, kamu bisa menggunakan masker wajah 1 hingga 3 kali seminggu. Namun, hal ini bisa tergantung produk dan jenis kulitmu sendiri.

Sebisa mungkin, carilah masker yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, shea butter, bahan pelembab dan pencerah lainnya. Hal tersebut bisa membuat kulit wajah lebih cerah.

6. Terapkan Pola Hidup Sehat

Banyak yang tidak menyadari bahwa menerapkan pola hidup sehat juga adalah salah satu cara mengatasi kulit kusam. Pola hidup yang sehat ini dapat kamu lakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari sebagaimana kebutuhan air dalam tubuh.

Meskipun terdengar sebagai hal yang sepele, namun hal ini dapat membantu kamu untuk menjaga kulit agar tetap cerah, lembab, dan sehat dari dalam. Maka dari itu, ada baiknya kamu sudah menerapkan pola ini sejak awal.

7. Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Pengaplikasian sunscreen atau tabir surya sering dilewati oleh sebagian besar orang. Padahal, penggunaan tabir surya sebelum melakukan aktivitas juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah tetap lembap, cerah, dan pastinya sehat.

Jika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan tanpa sunscreen, maka sinar UV dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kulit wajahmu. Dampak yang dihasilkan dari tidak digunakannya sunscreen adalah munculnya sunspot, kulit kering, penuaan dini, kulit terbakar, hingga meningkatnya risiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk gunakan sunscreen setiap hari sebagai salah satu cara mengatasi kulit kusam.

Demikian berbagai tips untuk mengatasi kulit kusam yang mudah dilakukan. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Baca Juga: