makanan untuk imun tubuh

Daftar Makanan yang Bagus untuk Imun Tubuh

makanan untuk imun tubuh

Imun tubuh manusia perlu ditingkatkan agar kesehatan kita terus terjaga. Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, ada juga cara lain seperti menerapkan pola hidup sehat, jaga kebersihan, rajin olahraga, hingga konsumsi makanan banyak gizi.

Dengan asupan makanan yang baik, maka umun tubuh kita akan ditingkatkan dan tidak mudah terkena serangan penyakit. Untuk mengetahui apa saja daftar makanan yang bagus pada imun tubuh, simak ulasannya di bawah ini.

1.    Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu makanan penambah imun tubuh yang bisa rutin dikonsumsi setiap harinya. Dalam buah jeruk, terdapat kandungan vitamin C yang mampu melindungi tubuh kita dari beragam jenis penyakit seperti flu. Vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Jeruk ini juga ada banyak jenisnya sehingga kamu bisa bergantian menyantapnya sehari-hari. Beberapa jenis jeruk yang dapat dikonsumsi adalah jeruk bali, jeruk keprok, jeruk sunkist, jeruk mandarin, hingga jeruk medan. Berbagai jeruk tersebut bisa langsung kamu konsumsi. Sementara untuk jeruk lemon dan jeruk nipis, kamu bisa menjadikannya campuran dalam minuman. Contohnya seperti dijadikan infused water atau campuran dalam minuman teh.

2.    Kacang Almond

Kacang almond juga sangat bagus dikonsumsi sebagai makanan penambah imun tubuh. Menurut jurnal A Nutrition and Health Perspective on Almonds, kacang almond mengandung banyak  vitamin E di dalamnya. Vitamin E sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit.

Selain itu, kacang almond juga mengandung magnesium, fosfor, vitamin C, serta antioksidan yang bagus untuk kesehatan daya tahan tubuh. Konsumsi kacang almond sekitar 15 mg per hari agar bisa mendapatkan kandungan vitamin E yang cukup per harinya.

Selain kacang almond, jenis kacang-kacangan lain sebenarnya juga bagus dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Contohnya seperti kacang walnut, kenari, hingga edamame. Hanya saja, kandungan pada kacang almond jauh lebih besar dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya.

3.    Yoghurt

Makanan penambah imun tubuh selanjutnya adalah yoghurt. Yoghurt ini merupakan makanan hasil fermentasi dari susu yang memiliki ciri khas rasanya yang agak asam. Yoghurt mengandung vitamin D yang tinggi sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Kamu juga bisa mengonsumsi yoghurt dalam bentuk minuman atau frozen alias dijadikan froyo (frozen yoghurt). Nantinya, kamu bisa tambahkan dengan potongan buah-buahan segar sehingga dapat menambah kandungan nilai gizi di dalamnya.

Buah-buahan yang bisa dijadikan campuran dalam froyo adalah strawberry, kiwi, jeruk, mangga, peach, hingga leci. Jika ingin memilih yoghurt, lebih baik pilih yang plain karena kandungan gula di dalamnya rendah sehingga lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

4.    Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari termasuk salah satu makanan penambah imun tubuh. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan seperti vitamin B-6, vitamin E, fosfor, magnesium, dan juga antioksidan yang bisa melawan bakteri dan virus.

Dalam jurnal Role of Vitamins D, E and C in Immunity and Inflammation telah dijelaskan kalau vitamin E sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung selenium yang cukup tinggi. Kamu cukup konsumsi sekitar 50 gram biji bunga matahari saja setiap harinya untuk mendapat manfaat dari makanan ini.

5.    Dark Chocolate

Dark Chocolate atau coklat hitam ini adalah salah satu makananan penambah imun yang cukup dikenal banyak orang. Dalam sebuah jurnal berjudul The Relevance of Theobromine for the Beneficial Effects of Cocoa Consumption, cokelat hitam terdapat kandungan antioksidan yang bernama theobromine. Ternyata, bisa berfungsi untuk meningkatkan imun dalam tubuh.

Theobromine ini juga dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan polusi dan lain sebagainya.

6.    Kunyit

Di Indonesia, kunyit sangat dikenal sebagai salah satu rempah yang banyak digunakan pada segala macam jenis masakan tradisional. Selain menjadi bumbu rempah pada masakan, kunyit ternyata juga dapat digunakan sebagai makanan penambah imun tubuh.

Dalam kunyit juga terdapat kandungan anti inflamasi yang bisa mengobati peradangan dalam tubuh. Dari data yang ada pada jurnal Curcumin: A Review of Its’ Effects on Human Health, kunyit juga mengandung antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Demikian daftar makanan yang bagus untuk imun tubuh. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Baca Juga: