cara menghilangkan bekas jerawat

Inilah 8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah

cara menghilangkan bekas jerawat

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering dialami hampir semua orang. Pada dasarnya, jerawat tidaklah berbahaya, hanya saja bisa memberikan efek yang cukup besar dari sisi kepercayaan diri seseorang. Apalagi ketika bekas jerawat tidak bisa hilang dari wajah, tentunya hal tersebut bisa memalukan untuk sebagian orang.

Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin menghilangkan bekas jerawat melalui perawatan mahal. Padahal, ada cara mudah melakukannya dengan bahan-bahan di sekitar kita. Untuk mengetahuinya lebih dalam, simak ulasannya di bawah ini.

1.    Gunakan Produk Perawatan Kulit dengan Kandungan Regenerasi Kulit

Bekas jerawat dapat meninggalkan noda dan bekas yang mengganggu penampilan wajah. Untuk cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah, kamu dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan regenerasi kulit. Bahan-bahan ini dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit baru dan mengurangi bekas jerawat secara bertahap.

Produk perawatan kulit yang mengandung retinoid seperti retinol dan tretinoin dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Retinoid bekerja dengan cara merangsang produksi kolagen dan elastin dalam kulit. Hal ini dapat membantu dalam menghaluskan dan memperbaiki bekas jerawat. Selain itu, retinoid juga membantu mempercepat pergantian sel kulit yang lebih cepat. Efeknya,  bekas jerawat lebih cepat terangkat.

Selain itu, produk perawatan kulit yang mengandung asam glikolat atau asam salisilat juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Asam glikolat sendiri membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Sedangkan asam salisilat membantu mengurangi inflamasi dan memperbaiki bekas jerawat.

2.    Pakai Bahan Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya dengan mudah adalah menggunakan bahan alami. Salah satu bahan alami yang paling populer adalah jus lemon. Lemon mengandung asam sitrat yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit. Gunakan kapas untuk mengoleskan jus lemon pada bekas jerawat dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membilas dengan air hangat.

Selain jus lemon, madu juga dapat membantu mengurangi bekas jerawat karena memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Caranya adalah dengan campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis. Setelah itu aplikasikan pada bekas jerawat selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Baking soda juga dapat mengurangi bekas jerawat karena dapat mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kemerahan pada kulit. Untuk bahan satu ini campurkan baking soda dengan sedikit air dan aplikasikan pada bekas jerawat selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

3.    Terapkan Produk Pencerah Kulit

Penggunaan produk pencerah kulit juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah. Produk pencerah kulit yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, dan asam kojic dapat mempercepat proses pemulihan kulit. Bahkan, bisa juga mengurangi penampilan bekas jerawat.

Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu kulit memperbaiki diri lebih cepat. Retinol juga dapat mengurangi penampilan bintik-bintik gelap pada kulit. Sedangkan asam kojic mengurangi produksi melanin yang juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

4.    Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi dapat menjadi cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit yang cukup efektif. Bekas jerawat terjadi ketika pori-pori kulit terisi dengan kotoran dan sel kulit mati. Kemudian hal itu menjadi inflamasi atau peradangan yang meninggalkan bekas.

Eksfoliasi melibatkan pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit yang dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Ada dua jenis eksfoliasi yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, yaitu eksfoliasi mekanik dan kimia.

Eksfoliasi mekanik melibatkan penggunaan scrub atau alat seperti sikat maupun spons untuk menggosok kulit secara fisik. Sedangkan eksfoliasi kimia melibatkan penggunaan bahan kimia seperti asam glikolat atau asam salisilat untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan kulitmu sudah dalam kondisi yang cukup stabil dan tidak terlalu sensitif. Jangan melakukan eksfoliasi jika kulit sedang dalam kondisi inflamasi atau iritasi. Gunakan produk eksfoliasi dengan hati-hati dan jangan melakukan eksfoliasi terlalu sering. Sebab, hal itu bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap yang tepat setelah melakukan eksfoliasi untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

5.    Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari dapat merusak kulit dan memperburuk kondisi bekas jerawat. Paparan sinar matahari dapat memicu produksi melanin yang berlebihan.Hal itu membuat bekas jerawat semakin gelap. Selain itu, sinar matahari juga membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi. Kondisi tersebut dapat memperparah kondisi kulit yang sudah rusak akibat jerawat.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari terkena sinar matahari secara berlebihan saat kamu sedang berusaha mencari cara menghilangkan bekas jerawat. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi dan hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Selain itu, gunakan topi atau payung untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

6.    Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kaya antioksidan seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian dapat mempercepat proses pemulihan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon, tuna, dan sarden juga dapat mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan kondisi kulit.

Selain itu, makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan tomat dapat memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Hal ini penting untuk kesehatan kulit yang baik. Vitamin E yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati, juga dapat membantu memperbaiki jaringan kulit serta salah satu cara menghilangkan bekas jerawat.

7.    Minum Air Putih Cukup Banyak

Minum air putih juga merupakan cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh. Sebab, air putih dapat memperbaiki kesehatan kulit dari dalam. Air putih juga membantu dalam menghidrasi kulit. Dengan begitu, kulit terlihat lebih segar, lembab, dan sehat. Selain itu, air putih juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan mengurangi peradangan pada kulit.

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka kulit bisa terlihat kusam dan kering. Hal itu bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan bekasnya. Dengan minum air putih yang cukup, maka kulit akan terhidrasi dengan baik dan membantu dalam memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

8.    Hindari Menggaruk atau Memencet Bekas Jerawat

Terakhir adalah hindari menggaruk atau memencet bekas jerawat. Aktivitas seperti menggaruk atau memencet jerawat dapat membuat jerawat semakin meradang dan meninggalkan bekas yang lebih sulit dihilangkan.

Ketika kita menggaruk atau memencet jerawat, maka dapat memperbesar infeksi bakteri pada jerawat tersebut. Bahkan, bisa menyebar ke area kulit lainnya. Selain itu, cara tersebut juga dapat merusak jaringan kulit dan membuat bekas jerawat menjadi lebih terlihat.

Demikian 8 cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Baca Juga: