cara diet sehat

10 Cara Diet Sehat yang Mudah Dilakukan

cara diet sehat

Jika kamu perhatikan, banyak orang yang peduli dengan kesehatan. Sejak pandemi yang melanda dunia beberapa tahun lalu, kini perhatian orang terhadap cara diet sehat cukup tinggi. Sebab, diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga menjadi bagian dari pola hidup sehat.

Sayangnya, tidak semua orang memahami bagaimana cara diet sehat. Akibatnya, mereka justru malah tersiksa dalam menjalaninya. Untuk memahami seperti apa cara diet sehat yang mudah dilakukan di rumah, simak ulasannya berikut ini.

1.    Biasakan Selalu Minum Air Sebelum Makan

Cara diet sehat pertama yang bisa dilakukan adalah biasakan selalu minum air sebelum makan. Dilansir dari alodokter, minum air sebelum makan dapat menjadi cara diet cepat terutama untuk menurunkan berat badan. Ketika minum air sebelum makan, nantinya perut akan terasa lebih kenyang. Dengan begitu, keinginan untuk makan dalam porsi banyak juga akan berkurang. Singkatnya, cara ini dapat membuatmu lebih cepat kenyang.

Apalagi, sudah banyak ahli kesehatan yang menyarankan kita untuk minum air dalam jumlah banyak,, Sebab, tubuh manusia mengandung air sebanyak 60%. Artinya, air sangat berperan penting untuk setiap fungsi tubuh. Hal itu mulai dari meningkatkan sistem metabolisme tubuh, menekan nafsu makan, hingga mengurangi stress.

2.    Selalu Konsumsi Makanan yang Berprotein dan Berserat

Selanjutnya , kamu perlu mengkonsumsi makanan berprotein dan berserat untuk cara diet sehat. Misalnya, makanan seperti putih telur, daging tanpa lemak, yoghurt, ikan laut, kacang-kacangan, dan keju. Makanan-makanan tersebut tidak hanya menjadi sumber energi saja, tetapi juga dapat membantu pembakaran lemak tubuh. Terlebih lagi makanan berserat seperti sayur dan buah, justru membuat perut kita terasa lebih kenyang dalam durasi waktu yang lama.

Ada berbagai sumber makanan berprotein dan serat yang mudah ditemukan selain sayur dan buah. Contohnya sereal gandum, kacang-kacangan, dan biji rami. Perlu diketahui juga bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayur, ternyata dapat mengurangi adanya risiko penyakit kronis.

3.    Makan Dalam Porsi Kecil Namun Sering Dilakukan

Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa makan dalam porsi kecil alias sedikit namun sering  dapat membantu menurunkan berat badan. Maksud dari sering ini artinya adalah 4-5 kali sehari kita dianjurkan makan tetapi dengan porsi sedikit saja. Itulah cara diet sehat yang dapat dilakukan dengan membiasakan diri untuk makan dengan piring atau mangkuk kecil.

4.    Tidak Melupakan Sarapan pagi

Sarapan pagi adalah salah satu bagian penting dari cara diet sehat terutama untuk menurunkan berat badan. Melalui sarapan pagi, khususnya dengan menu tinggi protein dan karbohidrat, dapat mengurangi cemilan di jam pagi dan siang. Efeknya, porsi makanan saat makan siang pun akan berkurang karena masih merasa kenyang karena sarapan pagi.

Apalagi jika kamu memiliki aktivitas belajar atau bekerja, saat melewatkan sarapan pagi pasti rasanya tidak berenergi untuk menjalani hari. Nah, pada sarapan ini, diusahakan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks.

5.    Membatasi Makanan Tertentu

Cara diet sehat lainnya yang perlu kamu lakukan adalah batasi makanan tertentu. Membatasi makanan disini artinya tetap mengkonsumsinya tetapi tidak banyak. Itulah alasan lebih baik membatasi mengkonsumsi makanan favorit dibandingkan menghindarinya. Jika menghindarinya, justru keinginan untuk mengkonsumsinya akan lebih kuat.

Contoh sederhananya, makanan favoritmu adalah snack yang bahkan biasa dijadikan camilan hingga habis 6 bungkus. Nah, dalam kondisi diet, lebih baik dibatasi menjadi 1 hari 1 bungkus snack tersebut.

6.    Olahraga Secara Rutin

Kamu pasti sudah tahu bahwa olahraga memegang peranan penting dalam upaya diet. Tentu saja olahraga secara rutin masuk dalam daftar cara diet sehat yang perlu kamu lakukan. Untuk pemula, lebih baik berolahraga yang mudah dahulu asalkan tetap rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin memang terbukti dapat membakar kalori berlebih di tubuh.

Jika kamu adalah orang yang sibuk, maka olahraga rutin ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki selama 30 menit saja secara teratur pada setiap harinya. Olahraga simple tersebut nyatanya dapat membantu metabolisme tubuh lancar dan perjuangan dietmu tentu saja akan memberikan hasil maksimal.

7.    Tidur yang Cukup

Selain olahraga dan makan, waktu istirahat berupa tidur yang cukup juga memegang peranan penting dalam upaya diet. Ya, cara diet sehat ini harus dilakukan secara rutin sebab berkaitan dengan produksi hormon ghrelin. Jika kamu kurang tidur, nantinya produksi hormon ghrelin justru akan meningkat sehingga merangsang nafsu makan dalam jumlah banyak.

jika begadang dan menyebabkan kurang tidur, pasti akan merasa lapar di tengah malam. Hal tersebut akan menghancurkan upaya dietmu selama ini.

8.    Hindarilah Makan Berlebihan Saat Stres

Ketika mengalami stres, terkadang selalu ingin makan makanan secara berlebihan. Fenomena tersebut disebut dengan emotional eating yang justru dapat membuat usaha dietmu gagal. Hal itu dikarenakan jumlah makannya berlebihan. Biasanya, makanan yang dikonsumsi ketika stres ini adalah coklat, es krim, dan makanan berminyak lainnya.

Jika hal ini terjadi padamu, sebaiknya mulailah dengan mengelola stress sebaik-baiknya. Yakinkan pada dirimu bahwa segala upaya diet ini akan berhasil dan membutuhkan proses yang panjang. Jika mengalami stres dan benar-benar ingin mendinginkan kepala, maka dapat sesekali konsumsi makanan manis. Namun, tentu saja dengan porsi yang terbatas dan jangan kebablasan.

9.    Lakukan Puasa

Untuk kamu yang beragama islam, pasti tahu jika ibadah puasa yang dijalani ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, salah satu cara diet sehat yang dapat dilakukan adalah dengan berpuasa. Ketika hendak melaksanakan puasa ini, tidak perlu dilakukan ketika bulan Ramadhan saja kok, tetapi juga bisa pada hari-hari biasa. Pada metode puasa ini, dilakukan dengan jangka pendek yakni selama 16 jam dan makan pun hanya selama 8 jam setiap harinya.

Jika dilakukan secara konsisten, justru akan mendorong keinginan dalam diri untuk mengkonsumsi sedikit kalori. Dengan begitu berat badan dapat turun.

10.    Konsumsi Makanan Probiotik

Cara diet sehat terakhir yang bisa kamu coba adalah konsumsi makanan probiotik. Perlu diketahui bahwa di dalam usus manusia menampung banyak sekali mikroorganisme. Hal itu termasuk adanya 37 triliun bakteri yang disebut dengan mikrobiota usus.

Nah, kita harus mengkonsumsi makanan probiotik untuk bakteri-bakteri itu agar seimbang. Pada cara diet sehat ini, ada banyak makanan probiotik yang dapat dipilih. Mulai dari tempe, oncom, tahu, hingga yoghurt.

Demikian 10 cara diet sehat yang mudah dilakukan. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Baca Juga: