manfaat vitamin b kompleks

6 Manfaat Vitamin B Kompleks Pada Kesehatan Tubuh

manfaat vitamin b kompleks

Untuk mendapatkan banyak energi, maka perlu mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang kaya dengan vitamin, contohnya seperti Vitamin B Kompleks.  Bisa dikatakan, Vitamin B kompleks merupakan kelompok vitamin yang terdiri dari berbagai jenis Vitamin B, yakni dari Vitamin B1,B2, B3, B4, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Vitamin B kompleks ini bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti daging, ikan, biji-bijian, sayuran hijau, dan produk olahan susu. Namun, bagi seseorang dapat diberikan suplemen vitamin B kompleks oleh dokter atau ahli gizi. Hal tersebut hanya ditujukan pada pengguna yang memiliki kebutuhan vitamin B kompleks yang lebih tinggi. Selain itu, penggunaan vitamin B kompleks juga diberikan pada pengguna yang memiliki kondisi tertentu seperti tubuh sulit menyerap vitamin B.

Untuk mengetahui apa saja manfaat Vitamin B Kompleks pada kesehatan tubuh, simak ulasannya di bawah ini.

1.    Dapat Meningkatkan Metabolisme Energi

Vitamin B kompleks berperan aktif dalam konversi karbohidrat menjadi glukosa. Kemudian, nantinya digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel tubuh. Selain itu, vitamin B kompleks juga berperan dalam metabolisme lemak dan protein yang juga dapat diubah menjadi energi.

Salah satu contohnya adalah vitamin B1 atau tiamin. Vitamin satu ini berperan dalam konversi glukosa menjadi energi dan membantu dalam menjaga fungsi sistem saraf. Selain itu, vitamin B3 atau niasin juga berperan dalam pembentukan molekul yang diperlukan untuk produksi energi pada sel.

Ketika tubuh kekurangan vitamin B kompleks, metabolisme energi tubuh dapat terganggu dan mengakibatkan gejala seperti kelelahan, lesu, dan kurangnya energi. Oleh karena itu, dengan asupan yang cukup dari vitamin B kompleks, tubuh dapat meningkatkan metabolisme energinya. Bahkan, bisa mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari.

2.    Mendukung Kesehatan Jantung

Vitamin B kompleks sangat penting untuk kesehatan jantung. Sebab, vitamin ini berperan dalam metabolisme asam amino, lemak, dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh jantung dan seluruh tubuh. Beberapa jenis vitamin B kompleks seperti vitamin B6, B12, dan folat berperan penting dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Vitamin B6 membantu mengurangi kadar homosistein. Perlu kamu ketahui bahwa kadar homoistein adalah zat kimia yang dapat merusak dinding arteri dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sementara itu, vitamin B12 dan folat membantu dalam menjaga kesehatan sel darah merah dan mencegah anemia. Hal itu berarti dapat juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3.    Dapat Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin B kompleks membantu dalam menjaga kesehatan kulit dengan beberapa cara. Misalnya, vitamin B2 atau riboflavin dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah keriput. Vitamin B3 atau niacin dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Lalu Vitamin B5 atau asam pantotenat membantu dalam menjaga kelembapan kulit dan rambut.  Caranya adalah dengan menjaga tingkat asam lemak selalu seimbang dalam tubuh. Sementara itu, vitamin B7 atau biotin berperan penting untuk kesehatan rambut, membantu mencegah kerontokan dan memperkuat rambut.

4.    Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat Vitamin B kompleks lainnya adalah dapat menjaga kesehatan saraf dan sel-sel otak. Bahkan dapat meningkatkan produksi neurotransmiter yang dibutuhkan untuk memperbaiki mood, konsentrasi, dan memori. Misalnya pada Vitamin B6 dapat meningkatkan produksi serotonin. Ini merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai neurotransmiter penting dalam mengatur suasana hati.

Selain itu, vitamin B kompleks juga dapat mengurangi tingkat homosistein dalam darah. Homosistein adalah asam amino yang dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah. Hal itu dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, termasuk risiko stroke dan demensia.

5.    Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Peningkatan sistem kekebalan tubuh juga bisa menjadi manfaat vitamin B kompleks lainnya. Hal itu dikarenakan vitamin B6, B9, dan B12 dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang diperlukan untuk melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, vitamin B6 juga membantu mengatur respons imun tubuh terhadap infeksi dan peradangan.

Meskipun vitamin B kompleks dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu tetap perlu nutrisi tambahan. Hal itu bisa dilakukan melalui makanan seimbang dan bergizi.

6.    Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat vitamin B kompleks terakhir adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Beberapa jenis vitamin B kompleks, seperti vitamin B6, B9, dan B12 sangat penting untuk memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke tulang.

Vitamin B6 juga membantu tubuh memetabolisme protein. Zat tersebut merupakan bahan utama dalam pembentukan tulang dan jaringan tubuh lainnya.Sedangkan vitamin B9 atau folat diperlukan untuk produksi sel-sel tulang baru dan memperbaiki kerusakan sel tulang yang sudah ada.

Demikian 6 manfaat vitamin B kompleks pada kesehatan tubuh. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Baca Juga: