makanan rendah lemak

Daftar 7 Makanan Rendah Gula yang Cocok Untuk Diet

makanan rendah lemak

Saat melakukan diet, tentunya kita harus berhati-hati dalam memilih makanan. Sebab, jika sampai salah dalam mengonsumsi makanan maupun minuman, maka program diet yang dijalani akan sia-sia. Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi makanan rendah gula saat melakukan diet.

Pada dasarnya, tubuh manusia memerlukan energi setiap hari untuk melakukan berbagai aktivtas. Untuk bisa mendapatkan sumber energi, salah satunya harus mengonsumsi karbohidrat. Apalagi karbohidrat yang dibutuhkan terdiri dari dua jenis, yakni karbohidrat kompleks dan sederhana seperti gula.

Untuk mengetahui apa saja daftar makanan rendah gula yang cocok untuk diet, simak ulasannya di bawah ini.

1.    Daging Segar

Salah satu jenis makanan yang termasuk rendah gula adalah daging segar. Contohnya bisa daging sapi, domba, kalkun, dan ayam yang tidak mengandung gula saat masih segar dan belum diproses.

Hal ini tidak termasuk pada daging yang sudah dikemas seperti sosis, bakso, atau daging asap. Sebab, daging seperti ini biasanya sudah ditambahkan gula dan juga pengawet. Cara pengolahan jenis makanan ini pun terkadang dilapisi tepung roti yang tentunya memiliki tambahan karbohidrat dari gula.

2.    Ikan Segar

Selain daging, makanan rendah gula lainnya yang cocok untuk diet adalah ikan segar. Ikan sangat kaya dengan protein yang penting untuk mengontrol kadar gula darah. Zat gizi ini tentunya sangat membantu dalam memperlambat pencernaan. Bahkan, gizi tersebut bisa mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Makanan rendah gula ini juga membantu dalam pencegahan makan berlebihan dan meningkatkan kehilangan lemak tubuh berlebih. Kedua hal ini merupakan efek penting yang baik untuk orang yang ingin menjaga kadar gula darah, khususnya penyandang diabetes.

3.    Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran bisa menjadi alternatif lainnya untuk makanan rendah gula. Umumnya, sayuran mengandung lebih sedikit gula dan karbohidrat dibandingkan dengan buah-buahan. Bahkan, sayuran bisa menjadi sumber nutrisi penting dalam diet meskipun kamu tengah membatasi asupan karbohidrat dan gula.

Jenis makanan satu ini kaya dengan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun, sayuran termasuk juga makanan yang rendah kalori. Beberapa jenis sayuran yang cocok untuk diet antara lain kembang kol, seledri, terong, kubis, asparagus, selada, lobak, dan juga bayam.

4.    Jenis Biji-Bijian Utuh

Alternatif lainnya untuk makanan rendah gula lainnya adalah biji-bijian utuh. Contohnya seperti quionia, alih-alih biji-bijian putih atau white grains. Hal ini dikarenakan biji-bijian putih mengandung karbohidrat yang tinggi dan dapat memicu lonjakan kadar gula darah.

Sementara itu, biji-bijian utuh mempunyai jumlah serat, fitokimia, dan nutrisi yang lebih tinggi. Alhasil, kamu bisa mengatur kadar gula darah lebih baik. Beberapa jenis biji-bijian yang termasuk makanan rendah gula lainnya adalah beras merah, oat, kerupuk, dan juga quinoa.

5.    Kacang-Kacangan

Setelah sebelumnya ada biji-bijian, maka selanjutnya adalah kacang-kacangan. Pada dasarnya, kacang mengandung gula alami. Akan tetapi, kacang-kacangan juga memiliki lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang sehat, seperti omega 3,6, dan 9.

Meskipun begitu, kacang-kacangan yang belum diproses masih bebas dari gula dan mudah dikombinasikan dengan makanan lain Contohnya seperti yogurt atau salad. Sementara itu, kacang-kacangan yang sudah dikemas biasanya sudah ditambahkan gula atau garam. Hal  sehingga sebaiknya hindari jenis olahan kacang ini. Beberapa kacang rendah gula yang bisa kamu coba antara lain Almond, hazelnut, dan walnut.

6.    Buah-Buahan 

Kurang lengkap rasanya jika makanan rendah gula tidak menyertakan buah-buahan. Sama seperti kacang, buah-buahan sebenarnya mengandung gula alami. Namun, sebagian besar buah memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah.

Hal ini dikarenakan kandungan serat dan jenis gula fruktosa pada buah-buahan. Namun, buah kering, seperti kismis, melon, dan nanas memiliki nilai GI sedang. Meskipun begitu, ada sejumlah buah-buahan yang termasuk makanan rendah gula yang bisa kamu konsumsi. Contohnya seperti buah beri, semangka, buah persik, kiwi, lemon, alpukat, dan juga jeruk bali.

7.    Yoghurt

Makanan rendah gula terakhir yang cocok untuk diet adalah yoghurt. Namun, kamu tidak boleh sembarang memilih yogurt. Sebab, ada beberapa yogurt tertentu yang justru menyimpan gula cukup banyak. Untuk itu, cobalah memilih Greek yogurt tanpa pemanis.

Jenis Greek yogurt  telah disaring untuk menghilangkan cairan whey dan laktosa di dalamnya. Itu sebabnya, Greek yogurt tampak lebih tebal dan terasa lebih creamy. Akan tetapi, yoghurt asal Yunani ini mengandung hampir tiga kali lipat lemak yogurt biasa. Ada baiknya kamu pilih Greek yogurt rendah atau tanpa lemak.

Demikian daftar makanan rendah gula yang cocok untuk diet. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Baca Juga: